Perencanaan Keuangan

Yuk….Rencanakan Keuangan Kita (2)

Salam sahabat Oase……
Maukan menjadi Oase ditengah padang pasir yang tandus?? Oase yang memberikan sumber kehidupan bagi sekelilingnya. Nah, yuk kita mulai lagi mengupas “rencanakan keuangan kita”.

Bagaimana cara mengelolah keuangan yang lebih baik, terintegrasi dan terencana?
Untuk mencapai pengelolaan keuangan yang lebih baik, terintegrasi dan terencana, kita harus tahu dahulu cakupannya. Dalam dunia perencanaan keuangan, biasa mencakup unsur-unsur berikut :
1. Cashflow Management (Pengelolaan Aliran Kas)
2. Asset Management (Pengelolaan Harta)
3. Debt Management (Pengelolaan Hutang)
4. Miliki Proteksi
5. Pahami Investasi (baik itu tujuan maupun jangka waktunya)
6. Buat Perencanaan Keuangan Keluarga

Unsur-unsur inilah yang berkaitan antara satu dan lainnya, sehingga biasa disebut “terintegrasi”. Paham ya…… Intinya unsur-unsur ini tidak bisa berdiri sendiri-sendiri.

Kalau kita sudah memahami inti dari integrasi ini, selanjutnya barulah kita teruskan dengan “terencana”, terencana yang bagaimana donk??
Dalam perencanaan keuangan, bukan hanya sekedar melakukan investasi atau asuransi saja, sebagaimana yang selama ini mungkin banyak dikenal orang. Mari kita ubah pandangan kita selama ini yuuuk, karena perencanaan keuangan itu mencakup banyak aspek, antara lain :
1. Perencanaan Asuransi
2. Perencanaan Investasi
3. Perencanaan Pendidikan Anak
4. Perencanaan Pensiun
5. Perencanaan Pajak
6. Perencanaan Warisan

Oke ya, selanjutnya nanti kita akan kupas satu persatu aspek perencanaan keuangan ini. Kalau tidak sabaran, silahkan di share dalam web ini. Tim kami dengan senang hati berbagi untuk tumbuh bersama kami Oase Consulting.

Salam Financial – buat sahabat Oase……

Leave a Reply