Perencanaan Keuangan

Yuk…Rencanakan Keuangan Kita



Siapa sih yang tidak ingin memiliki masa depan yang lebih baik…so pastilah semua punya keinginan yang sama kan. Namun, timbul pertanyaan…apakah bisa ya??! Kalau masih ragu simpan saja dalam hati dulu ya. Tapi hati-hati lho, waktu terus berjalan, rugi kalau terus berpikir dan terlindas oleh sang waktu.
Nah, yang sudah yakin “bisa” Yuuks kita mulai bergerak untuk mencapai harapan yang sama.

Mulai hari ini, saya dan team Oase Consulting akan berbagi mengenai seluk beluk Perencanaan Keuangan. Sebagai perkenalan awal saya pilih tema “Yuk Rencanakan Keuangan Kita….demi masa depan yang jauh lebih baik“.

Saat ini kita tahu kan, topik Perencanaan Keuangan sedang menjadi trend yang menarik. Sering kita lihat di TV, kita dengar di radio-radio, media cetak, talkshow, bahkan seminar-seminar baik yang diselenggarakan oleh komunitas maupun perusahaan. Mengapa sampai begitu menariknya?? Mau tahu….atau penasaran….??
Begini lho….perencanaan keuangan menjadi menarik karena menyentuh salah satu aspek kehidupan kita, yaitu “keuangan”. Betul kan?? siapa yang tidak tertarik dengan uang?? So, semua pasti membutuhkan yang namanya uang, tentunya juga aspek kehidupan lainnya seperti Kesehatan, Spritual, Keluarga, Karier dan lainnya.

Apa sebenarnya perencanaan keuangan itu ??
Maaf nih sedikit teoritis ya, tapi nanti akan saya kupas satu persatu inti dari teorinya. Simak ya….lho kok jadi menggurui, hehehe yuk dimulai.
Perencanaan keuangan adalah Suatu proses mencapai tujuan hidup dalam jangka waktu tertentu melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana.
Ribet yaaa….kapan tuh bisa tercapainya?? Ya kalau hanya dibaca pasti tidak akan pernah tercapai, tapi kalau kita mulai bergerak dari sekarang “pasti” ada perubahan. Seberapa besar perubahan itu, kembali lagi kepada diri kita tentunya.

Ok, sekarang kita kupas satu persatu :

  1. Suatu Proses….artinya untuk mencapai sesuatu, apalagi mencapai masa depan yang lebih baik tentunya BUKAN secara instant, tapi ada PROSESnya.
  2. Mencapai Tujuan Hidup…disini kita dituntun untuk mengarahkan apa saja tujuan hidup kita, masa depan kita dan keluarga, keinginan-keinginan yang ingin kita capai…tentunya berkaitan dengan financial kita.
  3. Jangka Waktu Tertentu….apakah untuk mencapai tujuan itu kita butuh dalam jangka yang pendek, jangka menengah atau bahkan jangka panjang. Nah semua itu harus jelas dulu dalam perencanaan kita karena ini akan berkaitan dengan portofolio nantinya.
  4. Pengelolaan Keuangan….disini akan kita dapatkan bagaimana cara kita dalam mengelelo penghasilan dan pengeluaran yang selama ini selalu mengikuti setiap langkah kehidupan kita. Bagaimana cara mengelolanya dengan benar…bagaimana cara membuat penghasilan kita bisa disisihkan untuk diinvestasikan…bagaimana agar tidak besar pasak dari pada tiang dan mengatasi hidup selalu gali lubang tutup lubang…ada disini jawabnnya.
  5. Terintegrasi dan terencana…disinilah kuncinya, kita harus melakukan semua itu dengan terintegrasi antara satu dan lainnya dan semua terencana dengan baik.

Nah, kira-kira begitu ya buat perkenalan awal kita…next, akan kita bahas lebih dalam lagi dari uraian singkat diatas…itu baru sedikit kulitnya saja.
Kalau ada masukan, saran, pertanyaan bolehlah kita saling sharing…agar kita sama-sama lebih melek financial.

Salam Financial,
Rencanakan keuangan anda, sekarang!


 

Leave a Reply